Table of Content

Apa itu Nostr? Panduan Pemula untuk Jaringan Sosial Terdesentralisasi

Nostr, jaringan media sosial yang terdesentralisasi, tanpa sensor, dan terbuka untuk semua.
Apa itu Nostr?

Apakah kamu tertarik dengan gagasan jaringan media sosial yang terdesentralisasi, tanpa sensor, dan terbuka untuk semua?

Nostr adalah masa depan media sosial dan saya akan menunjukkan alasannya.

Dalam postingan ini, saya akan memandu kamu melalui semua yang perlu kamu ketahui untuk memulai Nostr dalam waktu singkat.

Berikut pertanyaan yang akan saya berikan jawabannya untuk kamu.

Daftar isi :

Mari kita mulai!

Apa itu Nostr?

Notes and Other Stuff Transmitted by Relays

Nostr adalah protokol sumber terbuka yang relatif baru di mana aplikasi yang terdesentralisasi dan tahan sensor bisa dibangun.

Aplikasi bisa berkisar dari sistem identitas dan otentikasi terdesentralisasi hingga situs mikroblog seperti X dan pasar terdesentralisasi yang semuanya beroperasi di bawah kerangka kerja Nostr yang terdesentralisasi dan tahan sensor.

Apa itu Nostr?

Mengapa kita membutuhkan Nostr?

Media sosial adalah cara utama mengalirnya informasi ke seluruh dunia, namun sayangnya, sistem media sosial kita saat ini rusak.

  • Perusahaan Media Sosial menggunakan atensi kamu untuk menjual iklan dan menggunakan teknik licik untuk membuat kamu ketagihan
  • Mereka memutuskan konten apa yang akan ditampilkan kepadamu berdasarkan algoritme rahasia yang nggak bisa kamu lihat atau ubah
  • Mereka mempunyai kendali penuh atas siapa yang boleh berpartisipasi dan siapa yang disensor (diblokir, shadow banned, dll).
  • Platform sosial saat ini dibanjiri spam dan bot.

Ini tidak relevan lagi dan kita memerlukan model baru.

Ini mungkin video terbaik untuk menjelaskan mengapa kita memerlukan protokol terdesentralisasi seperti Nostr.

Nostr bukan sekedar aplikasi; ini adalah teknologi inovatif yang merevolusi cara pengiriman dan penerimaan teks digital.

Nostr adalah protokol sederhana dan terbuka yang memungkinkan jaringan sosial global yang benar-benar tahan sensor dan dibangun berdasarkan prinsip keterbukaan dan desentralisasi.

Nostr memungkinkan siapa saja untuk bergabung dan membangun aplikasi secara bebas menggunakan protokolnya. Tidak seperti platform media sosial tradisional, Nostr tidak dikendalikan oleh otoritas pusat, tentunya ini menjadi favorit di kalangan Bitcoiner dan pendukung kebebasan berekspresi tanpa takut akunnya diblokir.

nostr.com

Protokol Nostr pada tingkat atas

  • Ada dua komponen utama: client & relay. Setiap pengguna menjalankan client. Siapapun bisa menjalankan relay.
  • Setiap pengguna diidentifikasi dengan kunci publik (public key). Setiap posting ditandatangani (signed). Setiap client memvalidasi sign ini.
  • client mengambil data dari relay pilihan pengguna dan mempublikasikan data ke relay pilihan mereka. relay tidak berkomunikasi satu sama lain, hanya berkomunikasi langsung dengan pengguna.
  • Misalnya, untuk “mengikuti” seseorang, pengguna cukup menginstruksikan client-nya untuk menanyakan relay yang diketahuinya untuk mengirim dari kunci publik (public key) tersebut.
Client & relay nostr

Inovasi Relay Nostr

Inti dari teknologi Nostr adalah relay, yaitu perangkat lunak yang bertanggung jawab untuk mengirim, menerima, dan menyimpan pesan teks.

Relay ini mudah diatur, hanya memerlukan laptop dan koneksi internet, dan bisa dijalankan oleh siapa saja. Desentralisasi ini memastikan bahwa tidak ada satu entitas pun yang memiliki kendali atas jaringan, sehingga jaringan tersebut tahan terhadap sensor.

Di mana tempat menemukan daftar relay?

kamu bisa menemukan daftar relay Nostr yang aktif di sini: nostr.watch

Berikut adalah beberapa contoh relay

Bagaimana cara menjalankan relay saya sendiri?

Kamu bisa menjalankan salah satu implementasi sumber terbuka di server VM Lunanode milikmu sendiri atau menyewanya dari layanan hosting relay seperti relay.tools dan relaying.io. Berikut panduan dari Andre Neves tentang cara menyiapkan server Nostr Relay dalam waktu kurang dari 5 menit

Nostr Clients

Client Nostr hadir dalam berbagai bentuk mulai dari opsi web hingga seluler. Client hanyalah aplikasi yang kamu gunakan untuk mengakses dan berinteraksi dengan protokol Nostr.

Sebagian besar client masih sangat baru dan meminjam desain aplikasi mirip Twitter/X yang biasa kamu gunakan untuk berinteraksi dengan feed postingan.

Inilah tampilan Primal Nostr Client. Ini adalah dompet jaringan Lightning dan aplikasi media sosial.

Primal App
Primal Nostr Client

Dan ini adalah tampilan Amethyst khusus untuk pengguna android.

Amethyst App
Amethyst Nostr Client

Protokol Nostr sangat sederhana dan fleksibel, client yang berbeda menggunakan protokol dengan cara yang berbeda pula: beberapa mencoba membuat pengalaman terlihat persis seperti Twitter, yang lain mencoba menyoroti pentingnya relay ke protokol dan menampilkannya kepada pengguna, dan yang lain mencoba menggunakan heuristik dan algoritme untuk memastikan tingkat ketahanan sensor maksimum tanpa terlalu membebani pengguna.

Nostr Public and Private Keys

Setiap akun Nostr memiliki pasangan kunci publik dan pribadi (public key & private key). Anggaplah kunci publik kamu itu sebagai nama pengguna dan kunci pribadimu adalah kata sandi kamu, dengan satu perbedaan besar. Berbeda dengan kata sandi, kunci pribadi kamu nggak bisa diatur ulang jika hilang. Itu hilang selamanya jadi jangan sampai hilang.

Kunci publik dimulai dengan awalan npub1 dan kunci pribadi dengan awalan nsec1. Pastikan kamu menyimpan kunci pribadimu di tempat yang aman, contohnya pakai aplikasi khusus pengelola kata sandi misalnya.

Nostr npub1 & nsec1

Beralih Client Nostr

Salah satu hal hebat tentang Nostr adalah kamu bisa mengganti client atau menggunakan banyak client sekaligus.

Karena client hanyalah cara untuk mengakses data dasar yang disimpan oleh relay, kamu bisa masuk ke client sebanyak yang kamu mau. Selama setiap client melihat kumpulan relay yang sama untuk datanya, kamu akan melihat pesan yang sama di setiap client. Cukup gunakan kunci pribadi dan publik yang sama untuk masuk dan, BOOM!.

Apa itu Zap?

Zaps adalah fitur dahsyat di protokol Nostr. Nostr memiliki fitur hadiah (gift) bawaan yang disebut zapping.

Kamu nggak cuma bisa menyukai atau membagikan postingan di Nostr, tapi juga mengirim Satoshi sungguhan kepada siapa pun jika kamu menyukai konten yang mereka terbitkan.

Zapping on Nostr
Sumber gambar onbitcoin.io

Menurutku ini adalah sebuah inovasi nyata dari Nostr.

Kemampuan untuk memiliki monetasi konten secara langsung tanpa adanya pihak ketiga yang mengambil bagian dari keuntungan pencipta adalah sebuah hal yang revolusioner. Tanpa syarat minimal pengikut, minimal jumlah tayang, dan tetek-bengek seperti media sosial tradisional yang terpusat.

Jadi sekarang kita telah membahas alasannya, inilah alasan kamu memulainya.

Memilih client Nostr?

Berikut adalah daftar client Nostr yang paling populer. Lihat dan jelajahi setelah kamu menyiapkan kunci publik dan pribadi.

Web

IOS

  • Damus, client Nostr pertama yang dilarang di Tiongkok.
  • Nos, client yang bagus dan aman untuk non-bitcoiner.
  • Nostur, client dengan fitur lengkap.

IOS dan Android

  • Plebstr, client sumber tertutup yang cepat.
  • Primal, client yang sangat cepat yang mengkamulkan caching sisi server.
  • Current, client yang dilengkapi dengan dompet Bitcoin bawaan.
  • ZBD, client kustodian yang dihosting untuk pengguna ZBD.

Android

  • Yana, client multi-platform berfitur lengkap.
  • Spring, client untuk menggunakan client web dengan aman di Android kamu.
  • Amethyst, client yang memiliki semua fitur yang dibutuhkan.
  • FreeForm, client seperti X.
  • Nozzle, client yang sangat ringkas, tetapi masih dalam proses pengembangan.

Desktop

  • Gossip, client natif yang mencoba mengikuti orang secara efisien di mana pun mereka berada, dibuat di Rust dengan egui.
  • more-speech, client yang memberi kamu pkamungan global yang kuat dan cara berinteraksi dengan pemfilteran khusus berdasarkan web-of-trust dan pilihan relay, yang dibuat di Clojure. Lihat panduannya di sini
  • Lume, client yang dibuat dengan Tauri.

Bagaimana cara mengatur Aplikasi Nostr Pertama kamu

Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk bergabung dengan aplikasi Nostr pertama kamu. Saya akan menggunakan primal karena ini adalah salah satu proses orientasi yang paling sederhana.

Di desktop :

  1. Kunjungi https://primal.net dan klik ‘Get Started’ dan ‘Create Account.’
  2. Pilih nama pengguna, nama tampilan, dan unggah avatar dan banner (opsional).
  3. Masukkan situs web kamu (opsional), Alamat Lightning, dan NIP-05 yang terverifikasi.
  4. Ikuti pengguna Nostr yang disarankan dan klik 'Finish'.
  5. Buat PIN untuk memudahkan login (opsional).
  6. Masuk dengan PIN kamu dan mulai memposting sesuatu, seperti sosial media pada umumnya.
  7. Akses Kunci Publik (pubkey yang diawali dengan npub) dan kunci Pribadi (private key yang diawali dengan nsec) kamu di Pengaturan > Akun dan simpan dengan aman.

Di ponsel :

  1. Buka https://primal.net/downloads di browser seluler kamu dan unduh aplikasinya.
  2. Ikuti langkah-langkah pengaturan serupa seperti pada desktop, namun kamu mungkin perlu memasukkan Kunci Pribadi kamu secara manual.
  3. (Opsional) Untuk Alamat Lightning di ponsel

Pastikan untuk mengamankan Kunci Pribadi dan alamat Lightning kamu untuk penggunaan yang aman.

Lima Langkah Menjadi Nostr Pro

Kini setelah kamu menjadi bagian dari komunitas Nostr, berikut lima langkah untuk membawa pengalaman Nostr kamu ke level selanjutnya:

  • Ikuti Orang: Mulailah terhubung dengan pengguna Nostr lainnya, termasuk tokoh terkenal seperti Jack Dorsey, Lyn Alden, dan Edward Snowden.
  • Bagikan Akun Nostr kamu: Tweet kunci publik Nostr kamu agar dapat dicari di direktori Nostr.
  • Ganti Telegram dengan NostrChat: Jelajahi NostrChat.io untuk perpesanan aman dan saluran grup.
  • Gunakan Relay untuk Meningkatkan Keamanan: Bereksperimenlah dengan menambahkan relay untuk lebih mendesentralisasikan komunikasi kamu.
  • Amankan Kunci kamu dengan nos2x: Lindungi kunci publik/pribadi kamu menggunakan ekstensi browser Alby Bitcoin untuk keamanan tambahan.

Apa itu NIPS?

Nostr Implementation Possibilities (NIPs) – NIP hadir untuk meningkatkan interoperabilitas. Bukan haLyang bagus bagi setiap pengembang untuk menemukan solusi mereka sendiri terhadap masalah umum dan menerapkannya hanya di aplikasi mereka sendiri. Lebih baik bagi semua orang untuk menerapkan solusi yang kompatibel satu sama lain. NIP ada untuk mengoordinasikan proses ini.
- https://nostr.com/the-protocol/nips

Kamu bisa melihat semua NIP yang ada saat ini di Nostr NIPs repository.

Apa itu Nostr Marketplace?

Salah satu area yang menjanjikan bagi Nostr adalah Marketplace.

Nostr Markets adalah solusi pasar yang dibangun untuk Protokol Nostr.

Perangkat lunak markets sepenuhnya berada di sisi client, baik sebagai aplikasi yang berdiri sendiri, atau murni sebagai halaman web frontend.

Pelanggan dapat berlangganan kunci publik NOSTR penjual yang berbeda, dan penjual tersebut serta produknya akan terdaftar dan dapat dicari.

Market clients sama seperti situs e-niaga lainnya, memiliki keranjang dan pembayaran.

Marketplace juga dapat mencakup area dukungan pelanggan untuk komunikasi pesan langsung dengan penjual.

Kamu bisa melihat di NostrMarket dan Plebeian Market bagaimana konsep ini diimplementasikan.

Berikut adalah contoh marketplace yang menjual produk di pasar yang sepenuhnya terdesentralisasi. Tidak ada server terpusat. Tidak dapat disensor dan tidak dapat disita.

Client & relay nostr

Seperti yang ditunjukkan Ben Arc dalam postingannya di bawah ini, pasar Nostr sangat kuat dalam hal pasar digital tanpa bank. Masih dalam tahap awal, namun hal ini kemungkinan akan menjadi perubahan besar bagi ecommerce.

Kamu bisa masuk lebih dalam ke 'lubang Kelinci' marketplace Nostr di sini:

Media Sosial dan Marketplace hanyalah permulaan.

Dengan semakin banyaknya aplikasi berbasis Nostr yang bermunculan, masa depan jejaring sosial terdesentralisasi terlihat sangat baik.

Kesimpulannya, Nostr mewakili sebuah ide kecil yang berpotensi memberikan dampak signifikan terhadap masa depan media sosial. Dengan menerapkan keterbukaan dan desentralisasi, Nostr memberdayakan pengguna untuk mengendalikan interaksi online mereka dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya.

Ikuti saya dan beri tahu saya kalau kamu sudah bergabung dengan Nostr.

Ikuti kami di Nostr:

Kalau kamu ingin pakai NIP-05 verified yang saya buat silahkan kunjungi IndoNostr.xyz untuk mendaftar. kamu bisa pakai [email protected] di profile Nostr kamu.

Salam merdeka bermedia sosial!

Baca juga :

Posting Komentar